Menengok Pagoda Putih Taman Beihai

beihai-park-beihai-gongyuan-in-beijing-beihai-park-beihai-gongyuan-north-lake-park-beijing-china-26572Banyak taman yang terdapat di kota beijing, salah satunya adalah Taman Beihai. Taman ini menjadi taman yang memiliki pengunjung terbanyak kedua setelah Taman Tiantan (Summer Palace). Mengapa demikian? Hampir sama dengan Taman Tiantan, taman ini memiliki keunikannya sendiri. Sebuah pagoda putih dibangun di dalam area taman ini, yang membuat daya tarik bagi para wisatawan untuk melihat lebih dekat detil arsitektur bangunan pagoda yang unik ini. Uniknya, pagoda putih dalam taman ini dibangun di puncak sebuah bukit di dekat danau.

                Pagoda tersebut digunakan untuk tempat peribadatan bagi kaisar jaman Dinasti. Bentuknya sedikit berbeda dengan pagoda pada umumnya, karena susunan ruangan pada pagoda biasanya dari dasar ruangan berbentuk besar, kemudian mengerucut, namun pada pagoda putih yang ada di Taman Beihai ini hanya ada satu ruang dasar yang besar,bagian yang mengerucut menyerupai tiang dengan mahkota berwarna emas di ujungnya. Pagoda ini lebih mirip dengan Candi Borobudur di Indonesia. Luas Taman Beihai mencapai lebih dari 70 hektar. Di taman ini sebagian besar ditumbuhi oleh pepohonan hijau yang rindang, sehingga suasana taman ini terasa sejuk.

                beihai-park-2Di sekeliling taman juga mengalir sungai-sungai yang jernih, yang bermuara pada sebuah danau di seberang taman ini. Di dekat pagoda juga di bangun sebuah tempat peristirahatan seperti kuil, sebagai tempat untuk melihat pemandangan danau dan perbukitan di taman ini. Tempat tersebut dibangun oleh kaisar jaman dinasti sebagai tempat beristirahat setelah beribadah dalam pagoda putih. Dalam area taman ini juga dibangun paviliun-paviliun yang memiliki fungsinya masing-masing. Salah satu yang menarik adalah paviliun yang di dalamnya terdapat para manula yang sedang bersuka ria. Lalu apa yang mereka lakukan dalam paviliun? Mereka memainkan alat musik sehingga tercipta sebuah lagu instrumen dari alat musik yang ada di dalam paviliun. Ya, para manula tersebut bersuka memainkan alat musik orkestra untuk menghibur para pengunjung yang datang ke Taman Beihai ini. Penasaran seperti apa alunan musik yang dimainkan oleh para manula tersebut? Jangan lupa ya, untuk mengunjungi Taman Beihai saat anda sedang berlibur ke Beijing ini!

                Untuk menuju Taman Beihai tidaklah sulit, anda dapat naik subway atau bus umum, biayanya kurang lebih 5 Yuan. Jika anda ingin menginap di dekat Taman Beihai, penginapan yang kami rekomendasikan : Bestay Hotel Express Beijing Shijingshan Lugu.

Terimakasih para pembaca setia website idtravelicious, dukungan anda akan sangat berharga bagi kami. Demi kelancaran dan kemajuan website ini, jika anda ingin memesan penginapan di tempat wisata di atas , silahkan klik link penginapan yang ada di dalam artikel ini, agar idtravelicious dapat terus memberikan informasi dan menemani perjalanan anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s